Selasa, 13 Oktober 2015

perangkat mengajar kls 4-6

PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah : SD / MI. Kelas/semester : IV (Empat) / 1 (Satu) Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis MENDENGARKAN 1. Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah / lambang korps 1.1. Membuat gambar/ denah berdasarkan penjelasan yang didengar  Mendengarkan penjelasan petunjuk denah  Mencatat hal-hal penting dari penjelasan  Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar  Membuat denah perjalanan dari rumah ke sekolah sesuai dengan rute yang dilalui  Menjelaskan kembali isi petunjuk denah 1.2. Menjelaskan kembali secara lisan atau tertulis penjelasan tentang simbol daerah/ lambang korps  Menjelaskan lambang kalpataru  Mencatat hal-hal penting dari penjelasan teman  Menggambar lambang kalpataru  Menjelaskan tujuan pemberian hadiah kalpataru RATA-RATA RATA-RATA KESELURUHAN Mengetahui, Kepala SD / MI ( .............................. ) ......................., ............ Guru Mapel Bahasa Indonesia. ( .............................. ) PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah : SD / MI. Kelas/semester : IV (Empat) / 1 (Satu) Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis Berbicara : 2. Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat 2.1. Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut  Mendeskripsikan suatu tempat sesuai dengan denah  menjelaskan nama tempat yang dideskripsikan  Menyebutkan tempat yang dideskripsikan 2.2. Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar  Menjelaskan petunjuk penggunaan alat secara rinci  Menyebutkan manfaat suatu alat  Menggunakan suatu alat RATA-RATA RATA-RATA KESELURUHAN Mengetahui, Kepala SD / MI ( .............................. ) ......................., ............ Guru Mapel Bahasa Indonesia. ( .............................. ) PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah : SD / MI. Kelas/semester : IV (Empat) / 1 (Satu) Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis Membaca 3. Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus / ensiklopedi 3.1. Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200) kata dengan cara membaca sekilas  Membaca beragam teks dengan intonasi yang sesuai dengan isi teks  Menjawab pertanyaan bacaan  Menemukan pokok pikiran yang terdapat pada setiap paragraph  Menjelaskan isi teks dengan runtut  Menuliskan pesan yang terkandung dalam teks / cerita 3.2. Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca  Menjelaskan urutan petunjuk penggunaan obat  Menyampaikan isi petunjuk kepada teman  Menjawab pertanyaan tentang isi petunjuk  Menemukan arti kata sulit dalam petunjuk  Menuliskan kesimpulan tentang petunjuk penggunaan alat 3.3. Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus / ensiklopedia melalui membaca memindai  Mengidentifikasi kata sulit dalam bacaan  Membaca kamus sesuai dengan langkah-langkah yang tepat untuk mencari arti kata sulit  Membuat kalimat dengan kata-kata sulit RATA-RATA RATA-RATA KESELURUHAN Mengetahui, Kepala SD / MI ( .............................. ) ......................., ............ Guru Mapel Bahasa Indonesia. ( .............................. ) PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah : SD / MI. Kelas/semester : IV (Empat) / 1 (Satu) Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis Menulis 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita dan surat 4.1. Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperharikan penggunaan (tanda titik dua, dan tanda petik)  Menggunakan tanda titik dua pada teks percakapan  Melengkapi percakapan dengan struktur yang benar  Menggunakan ejaan dengan tepat  Menuliskan petikan langsung dengan tanda baca yang tepat  Menulis percakapan tertentu dengan ejaan yang benar 4.2. Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu  Membaca petunjuk  Menulis petunjuk tentang cara membuat sesuatu  menggunakan petunjuk untuk membuat sesuatu 4.3. Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu  Melengkapi bagian awal, tengah, atau akhir cerita yang hilang sehingga cerita itu menjadi utuh.  Melanjutkan percakapan yang belum selesai sesuai dengan isinya 4.4. Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma dll)  Menyebutkan bagian-bagian surat pribadi  Menulis surat tentang pengalaman dan cita-cita dengan gaya penceritaan yang menarik  Menggunakan ejaan yang disempurnakan dengan benar RATA-RATA RATA-RATA KESELURUHAN Mengetahui, Kepala SD / MI ( .............................. ) ......................., ............ Guru Mapel Bahasa Indonesia. ( Nureani ) PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : IV (Empat) 2 (Dua) Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis Mendengarkan 5. Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun 5.1. Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan  Mencatat pokok-pokok pengumuman  Menuliskan isi pengumuman ke dalam beberapa kalimat  Menyampaikan isi pengumuman dongeng tepat kepada orang lain 5.2. Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat  Mengenal pantun melalui pengalaman yang didengar  Meniru pembaca pantun anak dengan pelafalan yang tepat  Membacakan pantun dengan intonasi yang sesuai RATA-RATA RATA-RATA KESELURUHAN Mengetahui, Kepala SD / MI ( .............................. ) ......................., ............ Guru Mapel Bahasa Indonesia. ( Nureani ) PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : IV (Empat) 2 (Dua) Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis Berbicara 6. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dengan berbalas pantun dan bertelepon 6.1. Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat  Mengungkapkan perasaan melalui pantun  Melakukan berbalas pantun sebagai ungkapan perasaan menjelaskan isi pantun  Menyimpulkan ciri-ciri pantun 6.2. Menyampaikan pesan yang di terima melalui telepon sesuai dengan isi pesan.  Menerima telepon sesuai dengan etika atau santun bertelepon  Menuliskan pesan sesuai dengan yang didektekan penelpon  menyampaikan pesan sesuai dengan isi pesan RATA-RATA RATA-RATA KESELURUHAN Mengetahui, Kepala SD / MI ( .............................. ) ......................., ............ Guru Mapel Bahasa Indonesia. ( Nureani ) PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : IV (Empat) 2 (Dua) Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis Membaca 7. Memahami teks melalui membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun 7.1. Menemukan kalimat utama pada tiap aragraph melalui membaca intensif  menemukan pokok-pokok pikiran yang terdapat dalam teks  menyusun ringkasan  Menjelaskan isi teks dengan kalimat runtut 7.2. Membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat  Membaca teks pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat menyimpulkan isi pengumuman 7.3. Membaca pantun anak secara berbalas dengan lafal dan intonasi yang tepat  Membacakan bait-bait pantun anak dengan intonasi yang sesuai membacakan pantun anak secara perbasangan  Membaca pantun anak secara berkesinambungan RATA-RATA RATA-RATA KESELURUHAN Mengetahui, Kepala SD / MI ( .............................. ) ......................., ............ Guru Mapel Bahasa Indonesia. ( Nureani ) PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : IV (Empat) 2 (Dua) Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis Menulis 8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan, pengumuman, dan pantun anak 8.1. Menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll)  Menentukan topik/ tema cerita menggunakan tanda baca menulis cerita rekaan (pengalaman, perasaan) dengan memperhatikan ejaan) 8.2. Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan menulis pengumuman dengan bahasa yang mudah dipahami  Menggunakan ejaan dengan benar 8.3. Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persahabatan, ketekunan, kepatuhan, dll) sesuai dengan ciri-ciri pantun  Membuat pantun anak sederhana  Menjelaskan ciri-ciri pantun  Membacakan pantun anak yang telah dibuat dengan lafal dan intonasi yang sesuai RATA-RATA RATA-RATA KESELURUHAN Mengetahui, Kepala SD / MI ( .............................. ) ......................., ............ Guru Mapel Bahasa Indonesia. ( Nureani ) PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : V (Lima) / 1 (Satu) Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis MENDENGARKAN 5. Memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan 1.1 Menanggapi penjelasan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.  Mencatat pokok-pokok pembicaraan  Mengajukan pertanyaan sesuai dengan pokok-pokok pembicaraan  Menanggapi isi penjelasan  Membuat kerangka hasil penjelasan dari nara sumber 1.2 Mengiden tifikasi unsur cerita tentang rakyat yang didengarnya  Mendaftar nama-nama tokoh dalam cerita dan menulis watak tokoh cerita rakyat  Menceritakan kembali secara tertulis dengan kalimat runtut dan mudah dipahami  Menuliskan tanggapan terhadap isi cerita rakyat  Mengidentifikasi nama tokoh dalam cerita yang didengar  Menulis watak tokoh cerita rakyat yang didengar RATA-RATA RATA-RATA KESELURUHAN Mengetahui, Kepala SD / MI ( .............................. ) ......................., ............ Guru Mapel Bahasa Indonesia. ( Nureani ) PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : V (Lima) / 1 (Satu) Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis BERBICARA : 6. Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara 2.1. Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa  Menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah dengan runtut  Memberikan komentar atau saran dengan bahasa yang santun  Mengungkapkan alasan dengan logis  Mengidentifikasi sebab-sebab masalah / peristiwa itu dapat terjadi 2.2. Menceritakan hasil penga-matan/kunjungan dengan bahasa runtut, baik, dan benar  Menjelaskan pokok-pokok hal yang diamati  Menuliskan hal-hal penting yang diamati  Menceritakan hasil pengamatan/ kunjungan secara lisan dengan bahasa runtut, dan benar  Membuat kesimpulan 2.3. Berwawancara sederhana dengan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa Menyebutkan 6 kata tanya  Menggunakan kata tanya dalam konteks kalimat  Menuliskan daftar pertanyaan untuk wawancara sesuai dengan topik serta menggunakan kalimat tanya yang benar  Menulis kalimat wawancara dengan benar  Melakukan kegiatan wawancara berdasarkan dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dengan struktur berbahasa  Membuat laporan hasil wawancara RATA-RATA RATA-RATA KESELURUHAN Mengetahui, Kepala SD / MI ( .............................. ) ......................., ............ Guru Mapel Bahasa Indonesia. ( Nureani ) PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : V (Lima) / 1 (Satu) Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis MEMBACA 7. Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi 3.1. Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat  Membacakan percakapan dengan lafal dan intonasi yang wajar  Mencatat pokok-pokok isi percakapan  Menuliskan rangkuman isi percakapan  Menyusun teks percakapan dengan bahasa yang santun 3.2. Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata per menit  Membaca teks dengan kecepatan 75 kata/ menit dengan benar  Menyebutkan gagasan utama dari teks yang dibaca  Mencatat hal-hal penting dari bacaan  Menuliskan gagasan utama  Menceritakan kembali isi bacaan 3.3. Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat  Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang telat  Membaca puisi dengan jeda yang benar  Menggunakan ekspresi yang tepat (sedih, haru, gembira dan lain-lain)  Mengidentifikasi ciri-ciri puisi. RATA-RATA RATA-RATA KESELURUHAN Mengetahui, Kepala SD / MI ( .............................. ) ......................., ............ Guru Mapel Bahasa Indonesia. ( Nureani ) PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : V (Lima) / 1 (Satu) Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis MENULIS 8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis 4.1. .Menuliskan karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dengan penggunaan ejaan  Menyusun pokok-pokok pikiran dan pengalaman pribadi  Mengembang-kan pokok-pokok pikiran menjadi paragraf dengan bahasa yang baku  Menentukan judul karangan dengan tepat sesuai pengalaman  Menulis karangan deskripsi 4.2. Menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll) dengan kalimat efektif dan memper-hatikan penggunaan ejaan  Mengidentifikasi ciri-ciri bahasa surat undangan  Menyebutkan bagian-bagian surat undangan  Menyusun surat undangan ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah sesuai dengan kaidah 4.3. Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya  Mengidentifikasi ciri-ciri teks dialog  Menggunakan tanda titik dua (:) dalam menuliskan teks dialog dengan memperhatikan isi serta peranannya  Menulis teks dialog yang diperankan 3 tokoh RATA-RATA RATA-RATA KESELURUHAN Mengetahui, Kepala SD / MI ( .............................. ) ......................., ............ Guru Mapel Bahasa Indonesia. ( Nureani ) PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : V (Lima) 2 (Dua) Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis MENDENGARKAN 5. Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan 5.1. Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan  Menulis ringkasan cerita dalam beberapa kalimat  Memberikan tanggapan tentang isi cerita  menjelaskan amanat yang terkandung dalam cerita 5.2. Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema latar, amanat)  Menuliskan tokoh-tokoh dalam cerita  menjelaskan tema yang terkandung dalam cerita  Menyebutkan latar cerita  Mengungkapkan amanat yang terkandung dalam cerita RATA-RATA RATA-RATA KESELURUHAN Mengetahui, Kepala SD / MI ( .............................. ) ......................., ............ Guru Mapel Bahasa Indonesia. ( Nureani ) PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : V (Lima) 2 (Dua) Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis BERBICARA 6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama 6.1. Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa  Mengidentifikasi pokok-pokok persoalan yang ditemukan teman  Menanggapi tentang persoalan yang ditemukan teman  Memberikan pendapat tentang hal yang faktual  Menuliskan alasan secara logis 6.2. Memerankan tokoh dalam drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat  Menyebutkan ciri-ciri naskah drama  Menuliskan penggunaan tanda titik dua (:) dalam menulis naskah drama  Memerankan tokoh drama pendek dengan lafal, intonasi dan ekspresi sesuai karakter tertentu  Membaca naskah drama pendek dengan lafal yang benar  Bermain peran sesuai dengan karakter dalam naskah drama RATA-RATA RATA-RATA KESELURUHAN Mengetahui, Kepala SD / MI ( .............................. ) ......................., ............ Guru Mapel Bahasa Indonesia. ( Nureani ) PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : V (Lima) 2 (Dua) Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis MEMBACA 7. Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak 7.1. Membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas  Membandingkan dua teks yang berbeda isinya  Menjelaskan garis besar masing-masing teks  menuliskan perbedaan dua teks cerita  Menuliskan persamaan dua teks 7.2. Menemukan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu,dll) yang dilakukan melalui membaca memindai  Membaca petunjuk dengan tepat  Menemukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan  Menyampaikan secara lisan petunjuk perjalanan kepada orang lain  Menjaskan informasi yang dibaca 7.3. Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat  Menuliskan alur cerita anak yang dibaca  Menjelaskan pesan yang terkandung dalam cerita  Membuat ringkasan cerita RATA-RATA RATA-RATA KESELURUHAN Mengetahui, Kepala SD / MI ( .............................. ) ......................., ............ Guru Mapel Bahasa Indonesia. ( Nureani ) PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : V (Lima) 2 (Dua) Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis MENULIS 8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas 8.1. Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan  Menyebutkan langkah-langkah membuat ringkasan buku pengetahuan/ cerita  Menulis pokok-pokok isi buku pengetahuan atau cerita  Menulis ringkasan buku pengetahuan / cerita dalam beberapa paragraf.  Menggunakan ejaan yang disempurnakan dengan tepat 8.2. Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan pengguna-an ejaan  Mengidentifikasi tahapan-tahapan menulis laporan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan  Menulis laporan berdasarkan tahapan (dari catatan awal/buram awal)  Memperbaiki tulisan berdasarkan pendapat dari teman atau guru menjadi laporan yang baik 8.3. Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat  Menulis puisi berdasarkan gagasan pokok  Menjelaskan kaidah menulis puisi bebas  Menggunakan diskusi dengan tepat  Menulis puisi bebas  Mengidentifikasi ciri-ciri puisi RATA-RATA RATA-RATA KESELURUHAN Mengetahui, Kepala SD / MI ( .............................. ) ......................., ............ Guru Mapel Bahasa Indonesia. ( Nureani ) PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : VI (Enam) / 1 (Satu) Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis MENDENGARKAN 9. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan. 1.1. Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan.  Menjawab pertanyaan tentang teks bacaan yang didengarnya  Menuliskan hal-hal yang penting dari teks bacaan yang didengarnya  Menemukan pokok pikiran yang terdapat dalam suatu paragraf dari teks bacaan yang didengarnya 1.2. Mengidentifikasi tokoh, watak, latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan  Menyebutkan tokoh-tokoh cerita anak yang didengar  Menjelaskan watak-watak dari tokoh cerita anak yang didengarnya  Menentukan latar cerita dengan mengutip kalimat atau paragraph yang mendukung  Menemukan amanat yang terkandung dalam cerita  Menyimpulkan tema cerita  Menuliskan kembali isi cerita dengan kalimat sendiri RATA-RATA RATA-RATA KESELURUHAN Mengetahui, Kepala SD / MI ( .............................. ) ......................., ............ Guru Mapel Bahasa Indonesia. ( Nureani ) PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : VI (Enam) / 1 (Satu) Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis MEMBACA 10. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan 2.1. Menyampaikan pesan/ informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut baik dan benar  Mencatat pokok-pokok isi berita dari surat kabar  Menyampaikan kepada teman isi berita dari surat kabar  Menanggapi isi berita secara tertulis 2.2. Menanggapi (mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun.  Menuliskan pokok-pokok yang akan disampaikan sebagai kritikan sesuai permasalahan  Menyampaikan kritikan disertai alasan yang logis dengan bahasa yang santun  Memberikan saran dengan santun RATA-RATA RATA-RATA KESELURUHAN Mengetahui, Kepala SD / MI ( .............................. ) ......................., ............ Guru Mapel Bahasa Indonesia. ( Nureani ) PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : VI (Enam) / 1 (Satu) Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis MEMBACA 11. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas 3.1. Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil peng-amatan/ kunjungan.  Membuat laporan hasil pengamatan  Menjelaskan isi laporan kepada orang lain secara sistematis  Memberikan saran disertai alasan terhadap laporan hasil pengamatan 3.2. Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll)..  Menemukan pokok-pokok pikiran yang tertera pada teks  Menuliskan pokok-pokok pikiran ke dalam beberapa kalimat  Memberikan tanggapan terhadap pemikiran penulis dalam bentuk pertanyaan atau saran RATA-RATA RATA-RATA KESELURUHAN Mengetahui, Kepala SD / MI ( .............................. ) ......................., ............ Guru Mapel Bahasa Indonesia. ( Nureani ) PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : VI (Enam) / 1 (Satu) Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis MENULIS 12. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan paraphrase 4.1. Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat hidup, dll) dengan benar.  Mengidentifikasi format wesel pos  Mengisi format wesel pos sesuai dengan aturan penulisan wesel pos  Menuliskan data diri  Mengisi daftar riwayat hidup sesuai dengan format yang disesuaikan 4.2. Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar.  Mencatat tokoh cerita  Menuliskan urutan peristiwa  Menuliskan ringkasan cerita dalam beberapa kalimat 4.3. Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan.  Menentukan tema/ topik percakapan berdasarkan ilustrasi gambar  Menyusun percakapan secara ber-pasangan berdasarkan ilustrasi gambar 4.4. Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi  Menjelaskan amanat yang terkandung dalam puisi  Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa sederhana dengan tetap memper-tahankan makna atau isi puisi RATA-RATA RATA-RATA KESELURUHAN Mengetahui, Kepala SD / MI ( .............................. ) ......................., ............ Guru Mapel Bahasa Indonesia. ( Nureani ) PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : VI (Enam) 2 (Dua) Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis MENDENGARKAN 5.Memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek 5.1. Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau radio  Mencatat pokok-pokok isi berita televisi atau radio  Menyampaikan kepada teman isi berita televisi atau radio  Menulis ringkasan berita radio 5.2. Menceritakan isi drama pendek yang disam-paikan secara lisan  Menuliskan tokoh dalam drama  Menentukan tema drama pendek yang didengarnya  Menjelaskan amanat yang terkandung dalam drama pendek yang didengarnya  Menuliskan kembali isi drama pendek dengan kalimat sendiri RATA-RATA RATA-RATA KESELURUHAN Mengetahui, Kepala SD / MI ( .............................. ) ......................., ............ Guru Mapel Bahasa Indonesia. ( Nureani ) PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : VI (Enam) 2 (Dua) Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis BERBICARA 6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi 6.1. Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll) dengan lafal, intonasi dan sikap yang tepat.  Menjelaskan tujuan berpidato  Menyebutkan jenis-jenis pidato  Mengidentifikasi pokok-pokok yang akan disampaikan dalam pidato  Menuliskan naskah pidato  Membacakan pidato dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang sesuai 6.2. Melaporkan isi buku yang dibaca (judul, penga-rang, jumlah halaman dan isi) dengan kalimat yang runtut  Menuliskan judul buku  Menyebutkan nama pengarang buku yang dibacanya  Menyebutkan jumlah halaman buku  Menuliskan isi buku yang dibacakannya dengan kalimat yang runtut  Melaporkan secara lisan isi buku yang dibacanya dengan bahasa sendiri 6.3. Membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat  Menuliskan puisi anak dengan tema pahlawan  Membacakan puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang telat RATA-RATA RATA-RATA KESELURUHAN Mengetahui, Kepala SD / MI ( .............................. ) ......................., ............ Guru Mapel Bahasa Indonesia. ( Nureani ) PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : VI (Enam) 2 (Dua) Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis MEMBACA 7. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama 7.1. Menemukan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif  Membedakan teks narasi dan teks deskripsi  Memberi judul teks dengan kata-kata sendiri  Mencatat ide-ide pokok pada setiap aragraph  Menuliskan kembali alur cerita dengan kalimat sendiri  Membacakan ringkasan cerita yang telah dibuat 7.2. Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak  Menyebutkan jumlah pelaku/ tokoh dari teks drama yang dibaca  Menganalisa sifat-sifat atau watak tokoh  Menjelaskan tema yang terkandung dalam teks drama  Menjelaskan drama yang dibacanya  Menuliskan amanat yang terkandung dalam drama tersebut  Bermain drama anak secara sederhana di depan kelas RATA-RATA RATA-RATA KESELURUHAN Mengetahui, Kepala SD / MI ( .............................. ) ......................., ............ Guru Mapel Bahasa Indonesia. ( Nureani ) PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : VI (Enam) 2 (Dua) Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis MENULIS 8. Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan surat resmi 8.1. Menyusun naskah pidato/ sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan  Menemukan momen yang melatar belakangi pidato  Mencatat pokok-pokok yang akan disampaikan  Menjelaskan bagian-bagian dari naskah pidato  Menuliskan naskah pidato dengan bahasa yang benar  Menggunakan ejaan dengan tepat  Menggunakan tanda baca dengan benar 8.2. Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan yang dituju  Menyebutkan bagian-bagian surat  Membedakan surat resmi dan surat pribadi  Memilih diksi yang tepat untuk menulis surat resmi  Menulis surat sesuai dengan konteks, apa Keperluannya dan siapa yang membacanya RATA-RATA RATA-RATA KESELURUHAN Mengetahui, Kepala SD / MI ( .............................. ) ......................., ............ Guru Mapel Bahasa Indonesia. ( Nureani )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar