Selasa, 13 Oktober 2015
perangkat mengajar kls 4-6
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD / MI. Kelas/semester : IV (Empat) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM %
Kompleksitas
Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis
MENDENGARKAN
1. Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah / lambang korps
1.1. Membuat gambar/ denah berdasarkan penjelasan yang didengar
Mendengarkan penjelasan petunjuk denah
Mencatat hal-hal penting dari penjelasan
Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar
Membuat denah perjalanan dari rumah ke sekolah sesuai dengan rute yang dilalui
Menjelaskan kembali isi petunjuk denah
1.2. Menjelaskan kembali secara lisan atau tertulis penjelasan tentang simbol daerah/ lambang korps
Menjelaskan lambang kalpataru
Mencatat hal-hal penting dari penjelasan teman
Menggambar lambang kalpataru
Menjelaskan tujuan pemberian hadiah kalpataru
RATA-RATA
RATA-RATA KESELURUHAN
Mengetahui,
Kepala SD / MI
( .............................. ) ......................., ............
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
( .............................. )
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD / MI. Kelas/semester : IV (Empat) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM %
Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis
Berbicara :
2. Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat
2.1. Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut
Mendeskripsikan suatu tempat sesuai dengan denah
menjelaskan nama tempat yang dideskripsikan
Menyebutkan tempat yang dideskripsikan
2.2. Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar
Menjelaskan petunjuk penggunaan alat secara rinci
Menyebutkan manfaat suatu alat
Menggunakan suatu alat
RATA-RATA
RATA-RATA KESELURUHAN
Mengetahui,
Kepala SD / MI
( .............................. ) ......................., ............
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
( .............................. )
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD / MI. Kelas/semester : IV (Empat) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM %
Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis
Membaca
3. Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus / ensiklopedi
3.1. Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200) kata dengan cara membaca sekilas
Membaca beragam teks dengan intonasi yang sesuai dengan isi teks
Menjawab pertanyaan bacaan
Menemukan pokok pikiran yang terdapat pada setiap paragraph
Menjelaskan isi teks dengan runtut
Menuliskan pesan yang terkandung dalam teks / cerita
3.2. Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca
Menjelaskan urutan petunjuk penggunaan obat
Menyampaikan isi petunjuk kepada teman
Menjawab pertanyaan tentang isi petunjuk
Menemukan arti kata sulit dalam petunjuk
Menuliskan kesimpulan tentang petunjuk penggunaan alat
3.3. Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus / ensiklopedia melalui membaca memindai
Mengidentifikasi kata sulit dalam bacaan
Membaca kamus sesuai dengan langkah-langkah yang tepat untuk mencari arti kata sulit
Membuat kalimat dengan kata-kata sulit
RATA-RATA
RATA-RATA KESELURUHAN
Mengetahui,
Kepala SD / MI
( .............................. ) ......................., ............
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
( .............................. )
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD / MI. Kelas/semester : IV (Empat) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM %
Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita dan surat
4.1. Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperharikan penggunaan (tanda titik dua, dan tanda petik)
Menggunakan tanda titik dua pada teks percakapan
Melengkapi percakapan dengan struktur yang benar
Menggunakan ejaan dengan tepat
Menuliskan petikan langsung dengan tanda baca yang tepat
Menulis percakapan tertentu dengan ejaan yang benar
4.2. Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu
Membaca petunjuk
Menulis petunjuk tentang cara membuat sesuatu
menggunakan petunjuk untuk membuat sesuatu
4.3. Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu
Melengkapi bagian awal, tengah, atau akhir cerita yang hilang sehingga cerita itu menjadi utuh.
Melanjutkan percakapan yang belum selesai sesuai dengan isinya
4.4. Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma dll)
Menyebutkan bagian-bagian surat pribadi
Menulis surat tentang pengalaman dan cita-cita dengan gaya penceritaan yang menarik
Menggunakan ejaan yang disempurnakan dengan benar
RATA-RATA
RATA-RATA KESELURUHAN
Mengetahui,
Kepala SD / MI
( .............................. ) ......................., ............
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
( Nureani )
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : IV (Empat) 2 (Dua)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM %
Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis
Mendengarkan
5. Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun
5.1. Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan
Mencatat pokok-pokok pengumuman
Menuliskan isi pengumuman ke dalam beberapa kalimat
Menyampaikan isi pengumuman dongeng tepat kepada orang lain
5.2. Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat
Mengenal pantun melalui pengalaman yang didengar
Meniru pembaca pantun anak dengan pelafalan yang tepat
Membacakan pantun dengan intonasi yang sesuai
RATA-RATA
RATA-RATA KESELURUHAN
Mengetahui,
Kepala SD / MI
( .............................. ) ......................., ............
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
( Nureani )
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : IV (Empat) 2 (Dua)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM %
Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dengan berbalas pantun dan bertelepon
6.1. Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
Mengungkapkan perasaan melalui pantun
Melakukan berbalas pantun sebagai ungkapan perasaan menjelaskan isi pantun
Menyimpulkan ciri-ciri pantun
6.2. Menyampaikan pesan yang di terima melalui telepon sesuai dengan isi pesan.
Menerima telepon sesuai dengan etika atau santun bertelepon
Menuliskan pesan sesuai dengan yang didektekan penelpon
menyampaikan pesan sesuai dengan isi pesan
RATA-RATA
RATA-RATA KESELURUHAN
Mengetahui,
Kepala SD / MI
( .............................. ) ......................., ............
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
( Nureani )
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : IV (Empat) 2 (Dua)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM %
Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis
Membaca
7. Memahami teks melalui membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun
7.1. Menemukan kalimat utama pada tiap aragraph melalui membaca intensif
menemukan pokok-pokok pikiran yang terdapat dalam teks
menyusun ringkasan
Menjelaskan isi teks dengan kalimat runtut
7.2. Membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat
Membaca teks pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat menyimpulkan isi pengumuman
7.3. Membaca pantun anak secara berbalas dengan lafal dan intonasi yang tepat
Membacakan bait-bait pantun anak dengan intonasi yang sesuai membacakan pantun anak secara perbasangan
Membaca pantun anak secara berkesinambungan
RATA-RATA
RATA-RATA KESELURUHAN
Mengetahui,
Kepala SD / MI
( .............................. ) ......................., ............
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
( Nureani )
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : IV (Empat) 2 (Dua)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM %
Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan, pengumuman, dan pantun anak
8.1. Menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll)
Menentukan topik/ tema cerita menggunakan tanda baca menulis cerita rekaan (pengalaman, perasaan) dengan memperhatikan ejaan)
8.2. Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan menulis pengumuman dengan bahasa yang mudah dipahami
Menggunakan ejaan dengan benar
8.3. Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persahabatan, ketekunan, kepatuhan, dll) sesuai dengan ciri-ciri pantun
Membuat pantun anak sederhana
Menjelaskan ciri-ciri pantun
Membacakan pantun anak yang telah dibuat dengan lafal dan intonasi yang sesuai
RATA-RATA
RATA-RATA KESELURUHAN
Mengetahui,
Kepala SD / MI
( .............................. ) ......................., ............
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
( Nureani )
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : V (Lima) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM %
Kompleksitas
Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis
MENDENGARKAN
5. Memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan
1.1 Menanggapi penjelasan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.
Mencatat pokok-pokok pembicaraan
Mengajukan pertanyaan sesuai dengan pokok-pokok pembicaraan
Menanggapi isi penjelasan
Membuat kerangka hasil penjelasan dari nara sumber
1.2 Mengiden tifikasi unsur cerita tentang rakyat yang didengarnya
Mendaftar nama-nama tokoh dalam cerita dan menulis watak tokoh cerita rakyat
Menceritakan kembali secara tertulis dengan kalimat runtut dan mudah dipahami
Menuliskan tanggapan terhadap isi cerita rakyat
Mengidentifikasi nama tokoh dalam cerita yang didengar
Menulis watak tokoh cerita rakyat yang didengar
RATA-RATA
RATA-RATA KESELURUHAN
Mengetahui,
Kepala SD / MI
( .............................. ) ......................., ............
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
( Nureani )
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : V (Lima) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM %
Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis
BERBICARA :
6. Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara
2.1. Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
Menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah dengan runtut
Memberikan komentar atau saran dengan bahasa yang santun
Mengungkapkan alasan dengan logis
Mengidentifikasi sebab-sebab masalah / peristiwa itu dapat terjadi
2.2. Menceritakan hasil penga-matan/kunjungan dengan bahasa runtut, baik, dan benar
Menjelaskan pokok-pokok hal yang diamati
Menuliskan hal-hal penting yang diamati
Menceritakan hasil pengamatan/ kunjungan secara lisan dengan bahasa runtut, dan benar
Membuat kesimpulan
2.3. Berwawancara sederhana dengan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
Menyebutkan 6 kata tanya
Menggunakan kata tanya dalam konteks kalimat
Menuliskan daftar pertanyaan untuk wawancara sesuai dengan topik serta menggunakan kalimat tanya yang benar
Menulis kalimat wawancara dengan benar
Melakukan kegiatan wawancara berdasarkan dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dengan struktur berbahasa
Membuat laporan hasil wawancara
RATA-RATA
RATA-RATA KESELURUHAN
Mengetahui,
Kepala SD / MI
( .............................. ) ......................., ............
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
( Nureani )
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : V (Lima) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM %
Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis
MEMBACA
7. Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi
3.1. Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat
Membacakan percakapan dengan lafal dan intonasi yang wajar
Mencatat pokok-pokok isi percakapan
Menuliskan rangkuman isi percakapan
Menyusun teks percakapan dengan bahasa yang santun
3.2. Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata per menit
Membaca teks dengan kecepatan 75 kata/ menit dengan benar
Menyebutkan gagasan utama dari teks yang dibaca
Mencatat hal-hal penting dari bacaan
Menuliskan gagasan utama
Menceritakan kembali isi bacaan
3.3. Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat
Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang telat
Membaca puisi dengan jeda yang benar
Menggunakan ekspresi yang tepat (sedih, haru, gembira dan lain-lain)
Mengidentifikasi ciri-ciri puisi.
RATA-RATA
RATA-RATA KESELURUHAN
Mengetahui,
Kepala SD / MI
( .............................. ) ......................., ............
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
( Nureani )
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : V (Lima) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM %
Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis
MENULIS
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis
4.1. .Menuliskan karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dengan penggunaan ejaan
Menyusun pokok-pokok pikiran dan pengalaman pribadi
Mengembang-kan pokok-pokok pikiran menjadi paragraf dengan bahasa yang baku
Menentukan judul karangan dengan tepat sesuai pengalaman
Menulis karangan deskripsi
4.2. Menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll) dengan kalimat efektif dan memper-hatikan penggunaan ejaan
Mengidentifikasi ciri-ciri bahasa surat undangan
Menyebutkan bagian-bagian surat undangan
Menyusun surat undangan ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah sesuai dengan kaidah
4.3. Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya
Mengidentifikasi ciri-ciri teks dialog
Menggunakan tanda titik dua (:) dalam menuliskan teks dialog dengan memperhatikan isi serta peranannya
Menulis teks dialog yang diperankan 3 tokoh
RATA-RATA
RATA-RATA KESELURUHAN
Mengetahui,
Kepala SD / MI
( .............................. ) ......................., ............
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
( Nureani )
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : V (Lima) 2 (Dua)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM %
Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis
MENDENGARKAN
5. Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan
5.1. Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan
Menulis ringkasan cerita dalam beberapa kalimat
Memberikan tanggapan tentang isi cerita
menjelaskan amanat yang terkandung dalam cerita
5.2. Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema latar, amanat)
Menuliskan tokoh-tokoh dalam cerita
menjelaskan tema yang terkandung dalam cerita
Menyebutkan latar cerita
Mengungkapkan amanat yang terkandung dalam cerita
RATA-RATA
RATA-RATA KESELURUHAN
Mengetahui,
Kepala SD / MI
( .............................. ) ......................., ............
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
( Nureani )
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : V (Lima) 2 (Dua)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM %
Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis
BERBICARA
6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama
6.1. Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
Mengidentifikasi pokok-pokok persoalan yang ditemukan teman
Menanggapi tentang persoalan yang ditemukan teman
Memberikan pendapat tentang hal yang faktual
Menuliskan alasan secara logis
6.2. Memerankan tokoh dalam drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
Menyebutkan ciri-ciri naskah drama
Menuliskan penggunaan tanda titik dua (:) dalam menulis naskah drama
Memerankan tokoh drama pendek dengan lafal, intonasi dan ekspresi sesuai karakter tertentu
Membaca naskah drama pendek dengan lafal yang benar
Bermain peran sesuai dengan karakter dalam naskah drama
RATA-RATA
RATA-RATA KESELURUHAN
Mengetahui,
Kepala SD / MI
( .............................. ) ......................., ............
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
( Nureani )
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : V (Lima) 2 (Dua)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM %
Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis
MEMBACA
7. Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak
7.1. Membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas
Membandingkan dua teks yang berbeda isinya
Menjelaskan garis besar masing-masing teks
menuliskan perbedaan dua teks cerita
Menuliskan persamaan dua teks
7.2. Menemukan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu,dll) yang dilakukan melalui membaca memindai
Membaca petunjuk dengan tepat
Menemukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan
Menyampaikan secara lisan petunjuk perjalanan kepada orang lain
Menjaskan informasi yang dibaca
7.3. Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat
Menuliskan alur cerita anak yang dibaca
Menjelaskan pesan yang terkandung dalam cerita
Membuat ringkasan cerita
RATA-RATA
RATA-RATA KESELURUHAN
Mengetahui,
Kepala SD / MI
( .............................. ) ......................., ............
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
( Nureani )
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : V (Lima) 2 (Dua)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM %
Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis
MENULIS
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas
8.1. Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Menyebutkan langkah-langkah membuat ringkasan buku pengetahuan/ cerita
Menulis pokok-pokok isi buku pengetahuan atau cerita
Menulis ringkasan buku pengetahuan / cerita dalam beberapa paragraf.
Menggunakan ejaan yang disempurnakan dengan tepat
8.2. Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan pengguna-an ejaan
Mengidentifikasi tahapan-tahapan menulis laporan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Menulis laporan berdasarkan tahapan (dari catatan awal/buram awal)
Memperbaiki tulisan berdasarkan pendapat dari teman atau guru menjadi laporan yang baik
8.3. Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat
Menulis puisi berdasarkan gagasan pokok
Menjelaskan kaidah menulis puisi bebas
Menggunakan diskusi dengan tepat
Menulis puisi bebas
Mengidentifikasi ciri-ciri puisi
RATA-RATA
RATA-RATA KESELURUHAN
Mengetahui,
Kepala SD / MI
( .............................. ) ......................., ............
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
( Nureani )
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : VI (Enam) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM %
Kompleksitas
Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis
MENDENGARKAN
9. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan.
1.1. Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan.
Menjawab pertanyaan tentang teks bacaan yang didengarnya
Menuliskan hal-hal yang penting dari teks bacaan yang didengarnya
Menemukan pokok pikiran yang terdapat dalam suatu paragraf dari teks bacaan yang didengarnya
1.2. Mengidentifikasi tokoh, watak, latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan
Menyebutkan tokoh-tokoh cerita anak yang didengar
Menjelaskan watak-watak dari tokoh cerita anak yang didengarnya
Menentukan latar cerita dengan mengutip kalimat atau paragraph yang mendukung
Menemukan amanat yang terkandung dalam cerita
Menyimpulkan tema cerita
Menuliskan kembali isi cerita dengan kalimat sendiri
RATA-RATA
RATA-RATA KESELURUHAN
Mengetahui,
Kepala SD / MI
( .............................. ) ......................., ............
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
( Nureani )
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : VI (Enam) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM %
Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis
MEMBACA
10. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
2.1. Menyampaikan pesan/ informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut baik dan benar
Mencatat pokok-pokok isi berita dari surat kabar
Menyampaikan kepada teman isi berita dari surat kabar
Menanggapi isi berita secara tertulis
2.2. Menanggapi (mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun.
Menuliskan pokok-pokok yang akan disampaikan sebagai kritikan sesuai permasalahan
Menyampaikan kritikan disertai alasan yang logis dengan bahasa yang santun
Memberikan saran dengan santun
RATA-RATA
RATA-RATA KESELURUHAN
Mengetahui,
Kepala SD / MI
( .............................. ) ......................., ............
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
( Nureani )
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : VI (Enam) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM %
Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis
MEMBACA
11. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
3.1. Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil peng-amatan/ kunjungan.
Membuat laporan hasil pengamatan
Menjelaskan isi laporan kepada orang lain secara sistematis
Memberikan saran disertai alasan terhadap laporan hasil pengamatan
3.2. Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll)..
Menemukan pokok-pokok pikiran yang tertera pada teks
Menuliskan pokok-pokok pikiran ke dalam beberapa kalimat
Memberikan tanggapan terhadap pemikiran penulis dalam bentuk pertanyaan atau saran
RATA-RATA
RATA-RATA KESELURUHAN
Mengetahui,
Kepala SD / MI
( .............................. ) ......................., ............
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
( Nureani )
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : VI (Enam) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM %
Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis
MENULIS
12. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan paraphrase
4.1. Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat hidup, dll) dengan benar.
Mengidentifikasi format wesel pos
Mengisi format wesel pos sesuai dengan aturan penulisan wesel pos
Menuliskan data diri
Mengisi daftar riwayat hidup sesuai dengan format yang disesuaikan
4.2. Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar.
Mencatat tokoh cerita
Menuliskan urutan peristiwa
Menuliskan ringkasan cerita dalam beberapa kalimat
4.3. Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
Menentukan tema/ topik percakapan berdasarkan ilustrasi gambar
Menyusun percakapan secara ber-pasangan berdasarkan ilustrasi gambar
4.4. Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi
Menjelaskan amanat yang terkandung dalam puisi
Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa sederhana dengan tetap memper-tahankan makna atau isi puisi
RATA-RATA
RATA-RATA KESELURUHAN
Mengetahui,
Kepala SD / MI
( .............................. ) ......................., ............
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
( Nureani )
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : VI (Enam) 2 (Dua)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM %
Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis
MENDENGARKAN
5.Memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek
5.1. Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau radio
Mencatat pokok-pokok isi berita televisi atau radio
Menyampaikan kepada teman isi berita televisi atau radio
Menulis ringkasan berita radio
5.2. Menceritakan isi drama pendek yang disam-paikan secara lisan
Menuliskan tokoh dalam drama
Menentukan tema drama pendek yang didengarnya
Menjelaskan amanat yang terkandung dalam drama pendek yang didengarnya
Menuliskan kembali isi drama pendek dengan kalimat sendiri
RATA-RATA
RATA-RATA KESELURUHAN
Mengetahui,
Kepala SD / MI
( .............................. ) ......................., ............
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
( Nureani )
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : VI (Enam) 2 (Dua)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM %
Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis
BERBICARA
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi
6.1. Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll) dengan lafal, intonasi dan sikap yang tepat.
Menjelaskan tujuan berpidato
Menyebutkan jenis-jenis pidato
Mengidentifikasi pokok-pokok yang akan disampaikan dalam pidato
Menuliskan naskah pidato
Membacakan pidato dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang sesuai
6.2. Melaporkan isi buku yang dibaca (judul, penga-rang, jumlah halaman dan isi) dengan kalimat yang runtut
Menuliskan judul buku
Menyebutkan nama pengarang buku yang dibacanya
Menyebutkan jumlah halaman buku
Menuliskan isi buku yang dibacakannya dengan kalimat yang runtut
Melaporkan secara lisan isi buku yang dibacanya dengan bahasa sendiri
6.3. Membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
Menuliskan puisi anak dengan tema pahlawan
Membacakan puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang telat
RATA-RATA
RATA-RATA KESELURUHAN
Mengetahui,
Kepala SD / MI
( .............................. ) ......................., ............
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
( Nureani )
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : VI (Enam) 2 (Dua)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM %
Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis
MEMBACA
7. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama
7.1. Menemukan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif
Membedakan teks narasi dan teks deskripsi
Memberi judul teks dengan kata-kata sendiri
Mencatat ide-ide pokok pada setiap aragraph
Menuliskan kembali alur cerita dengan kalimat sendiri
Membacakan ringkasan cerita yang telah dibuat
7.2. Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak
Menyebutkan jumlah pelaku/ tokoh dari teks drama yang dibaca
Menganalisa sifat-sifat atau watak tokoh
Menjelaskan tema yang terkandung dalam teks drama
Menjelaskan drama yang dibacanya
Menuliskan amanat yang terkandung dalam drama tersebut
Bermain drama anak secara sederhana di depan kelas
RATA-RATA
RATA-RATA KESELURUHAN
Mengetahui,
Kepala SD / MI
( .............................. ) ......................., ............
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
( Nureani )
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD / MI Kelas/semester : VI (Enam) 2 (Dua)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM %
Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis
MENULIS
8. Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan surat resmi
8.1. Menyusun naskah pidato/ sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
Menemukan momen yang melatar belakangi pidato
Mencatat pokok-pokok yang akan disampaikan
Menjelaskan bagian-bagian dari naskah pidato
Menuliskan naskah pidato dengan bahasa yang benar
Menggunakan ejaan dengan tepat
Menggunakan tanda baca dengan benar
8.2. Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan yang dituju
Menyebutkan bagian-bagian surat
Membedakan surat resmi dan surat pribadi
Memilih diksi yang tepat untuk menulis surat resmi
Menulis surat sesuai dengan konteks, apa Keperluannya dan siapa yang membacanya
RATA-RATA
RATA-RATA KESELURUHAN
Mengetahui,
Kepala SD / MI
( .............................. ) ......................., ............
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
( Nureani )
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar